Permainan Tradisional yang Terlupakan
Di era modern seperti sekarang ini, banyak inovasi-inovasi baru bermunculan baik dibidang teknologi maupun dibidang lain. Bahkan hampir semua tatanan kehidupan banyak dipengaruhi oleh zaman. Salah satu diantarang adalah permainan tradisional (traditional game). Hampir semua anak kecil sudah tidak lagi mengenal permainan tradisional terutama didaerah perkotaan.
Mainan tradisional merupakan mainan yang berupa alat-alat sederhana yang hamper bisa di temukan di alam sekitar sebagi media belajar anak zaman dulu. Mainan tradisional di daerah Majalengka saja banyak sekali seperti kelereng, congklak gangsing yang terbuat dari bambu, pistol dari bambu, dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu tetapi permainan tradisional sekarang hampir terlupakan, seperti; Petak umpat, dadaluan (B. Sunda) hampir tidak pernah dimainkan lagi oleh anak zaman sekarang.
Di era sekarang ini permainan tradisional hampir tersisihkan oleh kecanggihan teknologi, contoh kecil setiap pulang sekolah, anak-anak hanya bisa bermain Play Station (PS), bermain game dikomputer. Minat mereka akan permainan tradisional sangat kurang.
Permainan tradisional memang membutuhkan banyak waktu dengan teman, itu dapat mempengaruhi anak. Pengruh itu muncul baik positif maupun negatif. Tetapi permainan modern seperti Play Station juga memberikan pengaruh pada anak baik positif maupun negatif.
Pengaruh bermain Play Station yaitu cenderung susah bergaul dan tidak mempunyai banyak teman karena anak hanya bermain di rumah, dan bermain sendiripun bisa dilakukan. Sedangkan permainan tradisional membutuhkan banyak orang dalm bermain sehingga anak akan mempunyai banyak teman. Semua itu tidak terlepas dari pengaruh positif maupun negatif bagi anak. Walaupun permainan tradisional sederhana tetapi, itu juga memberikan manfaat bagi tumbuh kembang anak.
Perkembangan teknologi harus semakin berkembang tetapi tidak menghilangkan sejarah awal perkembangan.

About seriiiii

i"m simple

Tinggalkan komentar